Cara Menghilangkan Noda Darah Segar di Pakaian

qubodup-bloodSplashNoda darah adalah noda yang sangat sulit dihilangkan setelah menempel. Menghilangkannya sebelum pakaian dicuci dan dikeringkan adalah kesempatan Anda yang terbaik, walaupun ada juga cara untuk menghilangkan darah kering dari pakaian dan kain. Metode berikut ini sangat sederhana dan mudah dilakukan tanpa membutuhkan penghilang noda yang mahal! Tak peduli Anda ingin menghilangkan noda dari jins favorit atau gaun sutra mahal Anda, wikiHow bisa membantu Anda.

  1. Bilas pakaian dengan air dingin. Cara ini adalah cara termudah untuk menghilangkan darah segar, dan akan berhasil jika Anda mengetahui keberadaan noda tersebut dengan segera. Jika noda darah ada di karpet, kasur atau furnitur besar yang tidak dapat direndam, gunakan kain atau spons bersih untuk menghlangkan noda. Jangan gunakan air panas – air panas akan menyebabkan darah meresap ke dalam kain.
  2. Selanjutnya, coba hidrogen peroksida. Cara ini hanya akan berhasil pada darah basah. Sebelum memutuskan untuk menggunakan hidrogen peroksida, perhatikan bahwa cairan ini bisa memutihkan atau merapuhkan beberapa jenis kain, dan akhirnya juga meninggalkan noda. Sehingga, gunakanlah secara hati-hari dan pastikan untuk mencoba hidrogen peroksida terlebih dulu pada bagian kecil yang tersembunyi dari kain yang ternoda. Hidrogen peroksida bisa menghilangkan noda dari permukaan berpori seperti beton dengan aman dan efektif.
    • Tuangkan hidrogen peroksida ke atas noda. Encerkan hidrogen peroksida dengan 50% air jika yang Anda bersihkan adalah kain yang halus. Berhati-hatilah agar buihnya tidak menyebar ke bagian di luar yang ternoda.
    • Tambah hidrogen peroksida beberapa kali, karena reaksi kimianya lambat dan buihnya menjadi stabil.
      Singkirkan buih dengan kain dan tuangkan sedikit hidrogen peroksida lagi hingga noda benar-benar hilang atau menjadi sangat tipis.
    • Cuci kain yang ternoda dengan air dingin dan gunakan sabun atau deterjen dengan normal.Anda juga bisa merendam seluruh kain dalam ember berisi hidrogen peroksida. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Ambil pakaian Anda dan bilas dengan air dingin.
  3. Gunakan garam dan air untuk kain yang halus. Segeralah bertindak, semakin cepat Anda memberikan garam dan air pada noda, semakin sedikit waktunya meresap ke dalam serat kain. Menggunakan pasa garam dan air juga adalah cara bagus untuk membersihkan noda darah dari kain yang tidak bisa dicuci seperti kasur.
    • Bilas noda dengan air “dingin” banyak-banyak. Jika Anda memiliki akses ke air mengalir, letakkan noda di bawah kran dan biarkan air dingin mengalir melaluinya. Anda bisa menghilangkan banyak noda darah dengan cara ini. Jika noda darah Anda alami di karpet atau pada bagian furniture yang besar, campurkan es dan air ke dalam ember dan bawa ke bagian noda, kemudian sapukan bagian yang bernoda dengan air dingin ini menggunakan kain atau spons.
    • Gosokkan kain di bawah air jika mungkin untuk melepaskan sisa noda. Jika Anda dapat mengatasi nodanya dalam waktu 10 hingga 15 menit setelah terkena, maka Anda mungkin bisa menghapusnya sama sekali. Namun, jika Anda masih melihat sisa darah, maka ambillah garam.
    • Campurkan sedikit air dengan garam untuk membuat pasta. Anda perlu menjenuhkan noda dengan garam, sehingga jumlah pasta yang Anda butuhkan tergantung pada ukuran noda Anda.
    • Gosokkan pasta garam dan air ke bagian bernoda. Kemampuan granul garam untuk mengikis noda dan sifatnya yang menyerap air akan mengilangkan sisa noda darah dan mengangkatnya dari serat kain.
    • Bilas garam dengan air dingin. Periksalah kain, apakah nodanya sudah hilang?
      Ketika nodanya sudah hilang, atau Anda tidak bisa lagi menghapusnya, masukkan kain ke siklus mencuci normal dengan menggunakan deterjen.
    • Jika kain yang bernoda tidak bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci, gunakan sebanyak mungkin air dingin yang diperlukan untuk membilas darah dan garam.
  4. Cobalah memberi sabun pada noda jika Anda menggunakan toilet umum untuk membersihkan noda. Kadang-kadang, Anda tidak menemukan hidrogen peroksida atau garam. Metode ini mirip dengan metode garam, tapi tidak menggunakan garam, yang Anda gunakan adalah sabun atau sampo langsung ke bagian yang bernoda. Jika Anda menggunakan metode ini ke karpet, kasur atau furnitur, Anda perlu memperhatikan agar menggunakannya tidak terlalu banyak karena sabun sulit untuk dibersihkan.
    • Rendam bagian yang bernoda dalam air dingin.
    • Gosokkan sabun atau sampo langsung ke bagian bernoda.
    • Gosok bagian itu dengan keras menggunakan kepalan tangan dengan telapak tangan Anda saling berhadapan.
    • Buat sabun dalam jumlah yang cukup. Tambahkan air lagi jika diperlukan.
    • Bilas dengan air dingin dan ulangi hingga noda dan busanya benar-benar hilang. Jangan gunakan air panas. Air panas hanya akan membuat nodanya semakin meresap.
  5. Coba gunakan amonia untuk noda yang berat. Campurkan 1 sendok makan amonia dengan 1/2 cangkir air dingin dan tuangkan ke noda yang membandel. Saat nodanya hilang, bilas dengan air dingin. Hindari menggunakan amonia pada kain linen, sutra atau wool.

Demikianlah cara untuk menghilangkan noda darah segar di pakaian anda, walaupun cara ini sama sekali tidak mudah, namun layak anda coba di rumah.

Sumber: WikiHow

 

Like & Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *